Breaking News

4 Tips Jitu Atasi Kesalahan Saat Wawancara Kerja

Tips Jitu Atasi Kesalahan Saat Wawancara Kerja – Memang benar, setiap manusia tidak akan pernah luput dari yang namanya kesalahan. Walaupun persiapan untuk menjalankan wawancara kerja telah dipersiapkan dengan baik, namun terkadang ada saja kesalahan yang dilakukan saat menjalankan proses wawancara kerja. Namun Anda tidak usah khawatir, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Dan berikut ini 4 Tips Jitu Atasi Kesalahan Saat Wawancara Kerja:

Jika Datang Terlambat

Salah satu kesalahan yang sangatlah fatal saat hendak menjalankan proses wawancara kerja yaitu datang terlambat ke lokasi. Karena kesalahan ini menunjukkan kredibilitas Anda di hadapan pihak pewawancara kerja.

Jika Anda meminta maaf atas kesalahan Anda, maka hal tersebut menunjukkan bahwa Anda sadar telah melakukan kesalahan tersebut. Dan setelah itu, alangkah lebih baik lagi jika Anda mampu menghindari alasan yang terlalu dibuat-buat.

Dan lebih baik Anda memberi kabar sebelumnya dengan melalui telepon bahwa Anda akan terlambat datang ke lokasi wawancara kerja.

Apabila Ponsel Berdering

Jika ketika proses wawancara kerja berlangsung dan ponsel Anda berdering, maka hal yang harus Anda lakukan yaitu segeralah matikan ponsel Anda dan langsung meminta maaf kepada pihak pewawancara kerja. Dan Anda bisa mengatakan kalau tadi Anda pikir ponsel Anda sudah disilent atau dimatikan.

Dan jangan sampai ketika ponsel Anda berdering, Anda malah mengangkat ponsel Anda apalagi di hadapan pihak pewawancara, itu akan sangat mengurangi nilai Anda dan Anda malah akan langsung dicoret dari daftar pelamar yang akan diterima.

Saat Mendadak Gugup

Banyak diantaranya para pelamar kerja yang tengah melakukan wawancara kerja, dan tiba-tiba otaknya tidak bisa berpikir atau malah mendadak buyar (gugup) dan tidak bisa menangkap dengan jelas maksud dari pertanyaan yang diajukan oleh pihak pewawancara.

Jika hal ini terjadi kepada Anda, maka jangan sampai Anda menjawab pertanyaan tersebut dengan jawaban yang asal-asalan. Yang harus Anda lakukan yaitu coba tanyakan kembali pertanyaan yang tadi dilontarkan oleh pihak pewawancara kepada Anda menurut sidikul.com, sehingga Anda bisa yakin dengan pertanyaan tersebut dan jawaban yang akan Anda berikan itu.

Dan bukan hal yang salah jika Anda meminta pihak pewawancara mengulang pertanyaannya, namun ingat, jangan sampai hal tersebut terulang untuk kedua kalinya.

Tak Sengaja Berbicara Keburukan

Banyak diantaranya para pelamar kerja yang ketika proses wawancara kerja berlangsung tanpa disadari mereka malah membicarakan keburukan dari perusahaan, atasan, atau bahkan rekan kerja Anda sebelumnya.

Dan pastinya hal ini tidak akan terdengar baik di depan pihak pewawancara. Guna mengatasi hal tersebut, mungkin Anda bisa langsung mengubah topik agar menjadi lebih positif lagi.

Misalkan Anda bisa menceritakan bahwa Anda memiliki pengalaman yang banyak serta bermanfaat selama bekerja di perusahaan sebelumnya. Sebaiknya Anda lebih hati-hati lagi dalam menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan oleh pihak pewawancara kepada Anda. Karena setiap jawaban yang Anda berikan merupakan satu gambaran dari kepribadian yang Anda miliki.

Bagaimana sobat sudah ada gambaran untuk jawaban apabila kita melakukan kesalahan dalam test wawancara? Semoga Tips Jitu Atasi Kesalahan Saat Wawancara Kerja bisa membantu kendala kamu saat melakukan wancara kerja.

About Loker Utama

Check Also

Test Wawancara Kerja

Trik Menjawab Pertanyaan Mudah Dengan Jawaban Berbobot Dalam Test Wawancara Kerja

Memiliki predikat menjadi lulusan baru (fresh graduate) tentu saja mempunyai plus minusnya, intinya belum mempunyai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × two =