Tugas Admin Logistik Serta Tanggung Jawab Terhadap Perusahaan

  • 2 min read
  • Apr 09, 2021
Tugas admin Logistik

Logistik merupakan bagian yang memiliki keterkaitan yang erat dengan proses pengolahan barang, dimulai dari pengadaan, pemindahan, penyimpanan, dan juga pemeliharaan barang. Proses administrasi biasanya dilakukan oleh seorang admin logistik. Berikut akan dijelaskan tugas admin logistik dan tanggung jawabnya.

Mengapa Admin Logistik Diperlukan oleh Perusahaan?

Logistik memiliki sebuah sistem yang tersusun dari beberapa fasilitas pelayanan, biasanya merupakan pelayanan yang memiliki hubungan dengan transportasi. Sistem logistik membahas mengenai proses, manufaktur, penyimpanan dan juga seleksi dari suatu material hingga kemudian sampai ke konsumen.

Di dalam proses pengolahan barang, biasanya terdapat permasalahan seperti sulitnya mencari barang di gudang. Hal tersebut terjadi karena kondisi gudang yang tidak rapi, tidak beraturan, dan adanya permasalahan terkait ketersediaan barang serta stok yang dibutuhkan.

Permasalahan tersebut akan berdampak secara langsung terhadap operasional perusahaan. Karena itulah kemudian perusahaan membutuhkan seorang admin logistik untuk melakukan pencatatan dan menjalankan proses administrasi pada seksi ini, sehingga permasalahan–permasalahan tersebut dapat dihindari.

Seorang admin logistik dapat berfungsi untuk merencanakan kebutuhan barang atau stok, penyimpanan, distribusi, penggunaan, pemeliharaan dan juga penggunaan barang yang ada di dalam gudang perusahaan, agar kemudian barang yang ada tersebut dapat digunakan secara lebih efektif dan efisien.

Apa Saja yang Menjadi Tugas Admin Logistik dan Tanggung Jawabnya?

Dalam menjalankan pekerjaannya, seorang admin logistik memiliki tugas dan juga tanggung jawab yang harus dilakukan. Kami akan menjelaskan mengenai keduanya kepada Anda.

Tugas dari Admin Logistik

Seorang admin logistik memiliki tugas untuk melakukan pengecekan terhadap permintaan, kemudian mengirimkan tagihan kode, menyiapkan dokumentasi terkait dengan pengiriman dan juga terlibat secara umum di dalam pengadaan terutama pada proses pemesanan.

Karena barang yang dibutuhkan untuk disimpan di dalam gudang dapat memiliki dampak terhadap operasional perusahaan, admin logistik juga memiliki tugas untuk dapat berkomunikasi dengan user (pihak yang membutuhkan barang) mengenai kebutuhan dan penggunaan barang juga kepada penjual mengenai jadwal dan waktu pengiriman dilakukan.

Admin logistik juga berpartisipasi pada administrasi dan pencatatan internal mengenai ketersediaan barang. Pencatatan dan administrasi dari perusahaan biasanya dilakukan baik secara manual maupun secara elektronik dengan menggunakan komputer.

Saat barang dari supplier datang, seorang admin logistik memiliki kewajiban untuk menerima dan memeriksa kualitas serta kuantitas dari barang yang dikirim. Setelah pembelian dan pembayaran selesai, admin logistik masih harus memelihara kontak dan juga hubungan yang baik dengan pihak supplier.

Hal ini dimaksudkan agar proses pemesanan, pengiriman dan pembelian yang akan datang dapat berjalan dengan baik, tanpa permasalahan yang berarti.

Tanggung Jawab dari Admin Logistik

Ada beberapa hal yang menjadi tanggung jawab dari admin logistik. Tanggung jawab dari admin logistik di antaranya adalah bertanggung jawab terhadap administrasi termasuk dokumen pendistribusian, filling, dan collection dari seksi logistik.

Selain itu, admin logistik juga memiliki tanggung jawab untuk mengambil data penerimaan barang yang dikirimkan oleh supplier serta memeriksa keadaan barang tersebut saat datang dan menyesuaikannya dengan data pemesanan, sehingga tidak ada barang yang kurang maupun tidak mencapai standar kualitas.

Tanggung jawab dari admin logistik lainnya adalah mengisi, memperbaharui dan juga memelihara catatan serta laporan bulanan mengenai dokumen logistik, seperti persediaan barang dan lokasi penyimpanan barang.

Mungkin banyak orang yang tidak mengerti mengenai tugas admin logistik dan juga tanggung jawab yang dimilikinya, sehingga kemudian mengabaikan pekerjaan ini. Namun setelah membaca tulisan ini, diharapkan agar Anda memiliki pengetahuan mengenai admin logistik.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × 4 =