Tugas dan Tanggung Jawab Admin Sales (Admin Penjualan)

Administrator penjualan atau Admin Sales memainkan peranan administratif penting dalam memberi dukungan team pemasaran dan memberi hubungan penting di antara wiraniaga dan client. Tugas admin sales penuh rintangan seperti memberikan laporan ke eksekutif pe, bekerja di lingkungan yang penuh tantangan dan bersaing, mengolah seluruh dokumen yang berkaitan dengan pemasaran dan mengendalikan janji buat tenaga pemasaran untuk berkunjung pelanggan baru atau konsumen lama. Administrator Penjualan menciptakan prospek client, tingkatkan jumlah konsumen, menjawab pertanyaan client dan mempersiapkan dokumentasi pemasaran. Sejumlah besar waktu mereka dihabiskan untuk mengkomunikasikan dan tangani info pelanggan.

Administrator pendukung pemasaran memberi suport penting buat team pemasaran perusahaan. Mereka tangani pekerjaan administratif yang perlu, seperti pemrosesan pesanan, dan bertindak selaku ekstensi team pemasaran waktu perwakilan ada jauh dari kantor. Tugas admin sales memberi titik contact untuk konsumen setia dengan pertanyaan mengenai pesanan atau pengantaran. Administrator simpatisan pemasaran yang efektif memberi andil pada service konsumen setia bermutu dan menolong team pemasaran penuhi sasarannya.

Baca Juga : Loker Admin Sales

Tugas Umum Admin Sales (Admin Penjualan)

  • Tangani permintaan konsumen
  • Mengejar harga jual
  • Mendesak target pemasaran harian
  • Menjaga jalinan konsumen setia yang bagus
  • Menjawab permintaan konsumen lewat telephone
  • Menghasilkan laporan
  • Menumbuhkan usaha
  • Menjaga catatan client
  • Memberi dukungan perwakilan pemasaran saat mereka ada di lapangan
  • Tangani panggilan masuk dan korespondensi,
  • Mengupdate repetisi status pesanan dan perincian pengantaran hingga mereka terus memberitahukan konsumen
  • Mengatur janji jumpa untuk team penjualan dan sediakan data presentasi atau produk apa saja yang diperlukan oleh perwakilan untuk diskusi.
Baca Juga:   Tugas SPG dan Tanggung Jawab pada Perusahaan

Tanggung Jawab Administrator Sales (Admin Sales)

  • Tangani faktur pemasaran
  • Lakukan penagihan pembayaran yang sudah lewat
  • Mengawasi pesanan yang lagi berlangsung
  • Layani konsumen, yang kemungkinan membutuhkan bantuan atas permintaan, keinginan, dan keluh kesah
  • Administrator bertanggungjawab untuk mengolah pesanan lewat telephone, e-mail atau surat
  • Mengecek jika pesanan mencangkup harga, potongan harga dan nomor produk yang benar dan memasukkan ke dalam sistem komputer perusahaan
  • Administrator menyimpan catatan pemasaran dan mengupdate catatan konsumen
  • Sediakan info pemasaran berdasar lini produk atau daerah yang dipakai manager penjualan untuk mempersiapkan laporan dan mengawasi kinerja
  • Proses pemesanan lewat e-mail atau telephone
  • Mengecek akurasi data dalam pesanan dan faktur
  • Terkait dengan departemen Logistik untuk pastikan pengantaran tepat waktu
  • Menjaga dan perbarui catatan penjualan dan konsumen
  • Meningkatkan laporan penjualan harian, mingguan, bulanan dan tahunan
  • Memastikan target penjualan tercukupi dan laporkan penyelewengan apa saja
  • Up-to-date dengan produk dan fitur baru

Kemampuan dan Pengalaman kerja Admin Sales

  • Kandidat baik untuk peranan itu ialah karyawan yang efektif dan gampang menyesuaikan dengan kemampuan administratif
  • Mempunyai pengetahuan mengenai spreadsheet
  • Mempunyai ketrampilan service konsumen yang sangat baik
  • Service konsumen atau manajemen client
  • Pahami data numerik
  • Jadi pro aktif dan fleksibel
  • Kemampuan Teknologi Informasi
  • Meeting tenggat waktu
  • Komunikasi yang bagus dan berlaku santun dan profesional
  • Optimis, cermat dan kolaboratif
  • Memiliki Rencana
  • Manajemen project
  • Mempunyai kekuatan dan kwalifikasi di bagian keterampilan, computer dan tata bahasa
  • Administrator memerlukan keterampilan organisasi yang bagus untuk mengkoordinasikan seluruh faktor administrasi penjualan
  • Dapat bekerja secara tepat dengan memerhatikan terperinci hingga mereka mengolah pesanan secara cepat dan efektif
  • Komunikator yang bagus, bekerja bersama dengan departemen yang lain bertanggung jawab untuk memenuhi pesanan atau memberi service ke konsumen.
  • Administrator memerlukan keahlian clerical yang bagus, berbarengan dengan kekuatan komputasi dan data entry.
  • Pengetahuan metrik performa penjualan
  • Keterampilan organisasi dan multitasking yang sangat baik
  • Seorang pemain team dengan tingkat dedikasi tinggi
  • Sanggup bekerja di bawah tenggat waktu yang ketat
Baca Juga:   Pengertian dan Tugas Supervisor serta Tanggung Jawabnya

Demikian penjelasan tentang tugas admin sales. Buat Anda yang tertarik, di atas sudah diterangkan apa tugas dan tanggung jawab serta skill yang harus dimiliki. Pekerjaan sebagai admin sales banyak diperlukan. Sebagian besar perusahaan memerlukannya. Mudah-mudahan info di atas dapat berguna untuk Anda yang lagi cari pekerjaan.

Tinggalkan komentar

3 × 2 =