Breaking News

Tugas Manager dan Tanggung Jawab dalam Perusahaan

Seorang manager ialah pimpinan di dalam satu organisasi atau perusahaan dan tugas manager sendiri yakni mengendalikan dan memastikan semua operasional perusahaan berjalan secara lancar. Tiap posisi jabatan dalam suatu perusahaan tentu mempunyai peranan penting dan juga tanggung jawab masing-masing pada setiap bidang pekerjaannya.

Sebagai pimpinan dalam suatu perusahaan, manager memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat besar untuk menyelesaikan berbagai masalah dan mengkoordinasikan bawahannya untuk mencapai tujuan dari perusahaan serta memberikan bimbingan, motivasi serta dukungan kepada mereka. Seorang manager juga sebagai jembatan anatara karyawan dan tim manajemen untuk merealisasikan sebuah strategi.

Tidak cuma itu saja seorang pimpinan perusahaan atau organisasi harus juga pintar menjaga hubungan dan komunikasinya dengan orang lain. Tentu saja untuk melakukan tugas manager membutuhkan andil dan suport dari beberapa pihak. Misalkan saja dari anggota dan bawahan di suatu organisasi dan juga dari pemilik perusahaan.

Baca Juga : Tugas dan Tanggung Jawab Admin Sales

Tugas Manager Secara Umum

  • Mempertahankan staff dengan merekrut, memilih, mengorientasi, dan melaksanakan training karyawan, jaga lingkungan kerja yang aman, tenteram, dan teratur.
  • Menyelesaikan dan menilai kinerja staff dengan melakukan komunikasi, perencanaan, monitoring, dan menilai hasil kerja.
  • Melaksanakan coaching, konseling, dan mendisiplinkan karyawan, meningkatkan, mengkoordinasikan mekanisme, peraturan, proses, dan standard produktivitas.
  • Menentukan tujuan strategis dengan menyatukan bidang usaha yang berkaitan, keuangan, service, dan informasi.
  • Mengidentifikasi dan mempelajari trend, memilih tindakan, mendeskripsikan tujuan dan mengevaluasi hasil.
  • Menyelesaikan keuangan dengan perencanaan kebutuhan, menyiapkan anggaran tahunan, pengeluaran, Menganalisa keuangan.
  • Menjaga kualitas layanan dengan menegakkan standard kualitas dan service pelanggan, menganalisa dan menyarankan perubahan sistem.
  • Menjaga pengetahuan profesional dan tehnis dengan hadiri ke workshop pelatihan, mengevaluasi pemberitaan , membentuk jaringan pribadi, benchmarking, ikut serta dalam sosial bermasyarakat secara profesional.
  • Pengambilan keputusan, membuat gagasan, menyusun organisasi, pengarahan organisasi, pengontrolan, penilaian dan laporan.

Tanggung Jawab Manajer

Menyelesaikan tujuan perusahaan atau organisasi dengan mengurus staff sesuai departemen yang ia pimpin, bertanggungjawab mengenai rencana dan evaluasi pekerjaan suatu perusahaan atau organisasi.

Dengan membuat rencana dan mengambil keputusan, menyatukan, memimpin, dan melakukan peranan pengawasan pada karyawan, keuangan, asset fisik, dan informasi. Dalam implementasi kegiatannya, seorang manager harus bisa gapai tujuan organisasi lewat kerja sama dengan beberapa orang (staff).

Fungsi Manajer

  • Fungsi perencanaan (rencana) dari satu peraturan yang akan diambil perusahaan dan memprediksikan hasil yang akan didapat dari tindakan yang akan diambil tersebut.
  • Fungsi pengaturan (organizing), yakni mengendalikan, membuat, mewakilkan dan mengaplikasikan jalur suatu otoritas/tanggungjawab dan prosedur komunikasi, serta mengoordinir kerja tiap anggota organisasi/institusi.
  • Fungsi pengawasan (controlling), yakni meliputi persiapan atau standard kualitas dan jumlah hasil kerja, baik dalam wujud produk atau layanan yang diberi pada perusahaan dalam rencana memberi pencapaian tujuan perusahaan.
  • Fungsi kepemimpinan (leading) yang membuat oranglain melakukan pekerjaan, menggerakkan, berikan motivasi dan membuat suasana pekerjaan yang baik.
  • Fungsi Evaluasi (evaluating), yakni menganalisis hasil dari semua pekerjaan yang sudah dikerjakan lewat analisa SWOT.

Keahlian dan Kualifikasi Seorang Manajer

Manajemen kinerja, Manajemen Proyek, Coaching, Pemantauan, Manajemen Kwalitas, Hasil Driven, Meningkatkan Anggaran, Meningkatkan Standard, Foster Timwork, Tangani Tekanan, Memberi Umpan Balik

Demikian penjelasan tentang tugas manager. Buat Anda yang tertarik, di atas sudah diterangkan apa tugas dan tanggung jawab serta skill yang harus dimiliki. Pekerjaan sebagai manager banyak diperlukan. Sebagian besar perusahaan memerlukannya. Mudah-mudahan info di atas dapat berguna untuk Anda yang lagi cari pekerjaan.

About Loker Utama

Check Also

Lowongan Kerja Kantor Pos Kebumen

Pentingnya Tugas Seksi Marketing di Perusahaan

Dalam sebuah perusahaan, seksi marketing sangat dibutuhkan untuk meningkatkan sales atau penjualan dari perusahaan tersebut. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × five =