Tugas dan Tanggung Jawab Manager dalam Perusahaan

Seorang manager ialah pimpinan di dalam satu organisasi atau perusahaan dan tugas manager sendiri yakni mengendalikan dan memastikan semua operasional perusahaan berjalan secara lancar. Tiap posisi jabatan dalam suatu perusahaan tentu mempunyai peranan penting dan juga tanggung jawab masing-masing pada setiap bidang pekerjaannya.

Sebagai pimpinan dalam suatu perusahaan, manager memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat besar untuk menyelesaikan berbagai masalah dan mengkoordinasikan bawahannya untuk mencapai tujuan dari perusahaan serta memberikan bimbingan, motivasi srta dukungan kepada mereka. Seorang manager juga sebagai jembatan anatara karyawan dan tim manajemen untuk merealisasikan sebuah strategi.

Tidak cuma itu saja seorang pimpinan perusahaan atau organisasi harus juga pintar menjaga hubungan dan komunikasinya dengan orang lain. Tentu saja melakukan tugas dan peranan selaku seorang manager membutuhkan andil dan suport dari beberapa pihak. Misalkan saja dari anggota dan bawahan di suatu organisasi dan juga dari pemilik perusahaan.

Baca Juga : Tugas dan Tanggung Jawab Admin Sales

Tugas Umum Manager

  • Mempertahankan staff dengan merekrut, memilih, mengorientasi, dan melaksanakan training karyawan, jaga lingkungan kerja yang aman, tenteram, dan teratur.
  • Menyelesaikan dan menilai kinerja staff dengan melakukan komunikasi, perencanaan, monitoring, dan menilai hasil kerja.
  • Melaksanakan coaching, konseling, dan mendisiplinkan karyawan, meningkatkan, mengkoordinasikan mekanisme, peraturan, proses, dan standard produktivitas.
  • Menentukan tujuan strategis dengan menyatukan bidang usaha yang berkaitan, keuangan, service, dan informasi.
  • Mengidentifikasi dan mempelajari trend, memilih tindakan, mendeskripsikan tujuan dan mengevaluasi hasil.
  • Menyelesaikan keuangan dengan perencanaan kebutuhan, menyiapkan anggaran tahunan, pengeluaran, Menganalisa keuangan.
  • Menjaga kualitas layanan dengan menegakkan standard kualitas dan service pelanggan, menganalisa dan menyarankan perubahan sistem.
  • Menjaga pengetahuan profesional dan tehnis dengan hadiri ke workshop pelatihan, mengevaluasi pemberitaan , membentuk jaringan pribadi, benchmarking, ikut serta dalam sosial bermasyarakat secara profesional.
  • Pengambilan keputusan, membuat gagasan, menyusun organisasi, pengarahan organisasi, pengontrolan, penilaian dan laporan.
Baca Juga:   Tugas Staf Administrasi Serta Fungsinya Untuk Perusahaan

Tanggung Jawab Manajer

Menyelesaikan tujuan perusahaan atau organisasi dengan mengurus staff sesuai departemen yang ia pimpin, bertanggungjawab mengenai rencana dan evaluasi pekerjaan suatu perusahaan atau organisasi.

Baca Juga : Loker Manager Operasional

Dengan membuat rencana dan mengambil keputusan, menyatukan, memimpin, dan melakukan peranan pengawasan pada karyawan, keuangan, asset fisik, dan informasi. Dalam implementasi kegiatannya, seorang manager harus bisa gapai tujuan organisasi lewat kerja sama dengan beberapa orang (staff).

Fungsi Manajer

  • Fungsi perencanaan (rencana) dari satu peraturan yang akan diambil perusahaan dan memprediksikan hasil yang akan didapat dari tindakan yang akan diambil tersebut.
  • Fungsi pengaturan (organizing), yakni mengendalikan, membuat, mewakilkan dan mengaplikasikan jalur suatu otoritas/tanggungjawab dan prosedur komunikasi, serta mengoordinir kerja tiap anggota organisasi/institusi.
  • Fungsi pengawasan (controlling), yakni meliputi persiapan atau standard kualitas dan jumlah hasil kerja, baik dalam wujud produk atau layanan yang diberi pada perusahaan dalam rencana memberi pencapaian tujuan perusahaan.
  • Fungsi kepemimpinan (leading) yang membuat oranglain melakukan pekerjaan, menggerakkan, berikan motivasi dan membuat suasana pekerjaan yang baik.
  • Fungsi Evaluasi (evaluating), yakni menganalisis hasil dari semua pekerjaan yang sudah dikerjakan lewat analisa SWOT.

Keahlian dan Kualifikasi Seorang Manajer

Manajemen kinerja, Manajemen Proyek, Coaching, Pemantauan, Manajemen Kwalitas, Hasil Driven, Meningkatkan Anggaran, Meningkatkan Standard, Foster Timwork, Tangani Tekanan, Memberi Umpan Balik

Demikian penjelasan tentang tugas manager. Buat Anda yang tertarik, di atas sudah diterangkan apa tugas dan tanggung jawab serta skill yang harus dimiliki. Pekerjaan sebagai manager banyak diperlukan. Sebagian besar perusahaan memerlukannya. Mudah-mudahan info di atas dapat berguna untuk Anda yang lagi cari pekerjaan.

Baca Juga:   Tugas SPG dan Tanggung Jawab pada Perusahaan

Tinggalkan komentar

17 + 10 =