Breaking News

Pentingnya Tugas Seksi Marketing di Perusahaan

Dalam sebuah perusahaan, seksi marketing sangat dibutuhkan untuk meningkatkan sales atau penjualan dari perusahaan tersebut.

Sebagai ujung tombak perusahaan untuk memperluas informasi produk kepada masyarakat, Anda harus mengetahui apa saja yang menjadi tugas seksi marketing.

Pada tulisan ini, selain menjelaskan apa saja tugas seksi marketing, akan dijelaskan pula apa yang dimaksud dengan strategi marketing juga perbedaan sales dan marketing.

Apa yang Dimaksud dengan Strategi Marketing?

Demi meningkatkan penjualan produk baik berupa barang maupun jasa, perusahaan membutuhkan marketing yang bertujuan untuk memperluas informasi mengenai produk ke masyarakat.

Dalam menjalankan kegiatan marketing, dibutuhkan strategi marketing yang baik.

Strategi marketing merupakan cara yang digunakan dan dilakukan untuk meningkatkan hasil yang didapatkan dari kegiatan marketing.

Dengan membuat strategi sebelum melakukan kegiatan marketing, diharapkan kegiatan marketing dapat menjadi lebih efektif dan efisien.

Dengan adanya seksi marketing dan strategi marketing, diharapkan penjualan perusahaan tidak konstan atau bahkan menurun seiring dengan berjalannya waktu, sehingga perusahaan dapat berjalan secara berkelanjutan.

Apakah Sales dan Marketing Sama?

Baik sales maupun marketing memiliki fungsi untuk menjalankan proses bisnis dari suatu perusahaan.

Namun jangan salah, sales dan marketing merupakan dua hal yang berbeda. Sales merupakan semua aktivitas atau kegiatan penjualan produk perusahaan.

Sedangkan marketing merupakan semua hal yang sifatnya membantu untuk meningkatkan ketertarikan pelanggan maupun calon pelanggan terhadap produk yang dijual oleh perusahaan.

Seksi sales bertanggung jawab untuk menjaga hubungan dengan pelanggan maupun calon pelanggan.

Berbeda dengan seksi sales, seksi marketing memiliki tanggung jawab untuk menjalankan campaign dan promosi untuk menarik perhatian terhadap barang maupun jasa yang dijual oleh perusahaan.

Apa Saja yang Menjadi Tugas Seksi Marketing?

Agar tercapainya tujuan, seperti informasi mengenai produk tersebar dan dapat menarik perhatian pelanggan maupun calon pelanggan, seorang marketing memiliki beberapa tugas yang harus dijalankan.

Adapun tugas–tugas tersebut di antaranya adalah:

Merencanakan Kegiatan Promosi (Membuat Strategi Marketing)

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, strategi marketing merupakan hal yang penting untuk dimiliki seksi marketing. Saat ini, semua hal banyak dilakukan secara digital atau secara online.

Karena hal itu, marketing harus bisa beradaptasi dengan perubahan zaman. Kegiatan promosi yang terdapat di dalam strategi marketing dapat berupa promosi offline maupun juga promosi online.

Sebagai contoh, promosi offline dilakukan dengan cara menyebarkan poster, brosur, dan juga mengikuti acara bazar maupun pameran.

Sedangkan promosi online dijalankan dengan memposting iklan di YouTube, Google, Facebook maupun Instagram.

Menetapkan Harga dan Mengadakan Diskon Maupun Promo

Seorang marketing harus melakukan riset dan survey harga kompetitor dahulu sebelum menentukan harga jual produk, sehingga produk dari perusahaan dapat bersaing di pasaran.

Untuk meningkatkan ketertarikan pelanggan, promosi berupa diskon maupun giveaway dapat dilakukan.

Melakukan Kerja Sama yang Baik dengan Seksi Sales

Kerja sama yang baik antara seksi marketing dan seksi sales dapat menghasilkan strategi marketing yang efektif dan efisien.

Hal ini dikarenakan seksi sales memiliki data mengenai sasaran atau target pemasaran yang didapatkan dari data penjualan.

Dengan data sasaran tersebut, seksi marketing dapat lebih mudah menentukan cara–cara atau langkah yang ditentukan untuk menarik perhatian pelanggan dan juga calon pelanggan berdasarkan klasifikasinya.

Jika Anda akan bekerja menjadi seorang marketing, Anda harus mengetahui tugas seksi marketing dan hal yang membedakannya dengan sales.

Sehingga Anda dapat menjalankan fungsi dan tugas Anda dengan baik.

About Loker Utama

Check Also

Tugas admin Logistik

Tugas Admin Logistik Serta Tanggung Jawab Terhadap Perusahaan

Logistik merupakan bagian yang memiliki keterkaitan yang erat dengan proses pengolahan barang, dimulai dari pengadaan, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 + 12 =