Pengertian dan Tugas Supervisor serta Tanggung Jawabnya

  • 2 min read
  • Apr 04, 2021
tugas supervisor

Dalam struktur organisasi perusahaan, biasanya ada berbagai jabatan seperti manajer, asisten manajer, supervisor dan juga staf. Dalam kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan mengenai salah satu jabatan yaitu supervisor mulai dari pengertian hingga tugas supervisor beserta tanggung jawabnya.

Apa yang Dimaksud dengan Supervisor?

Dalam struktur organisasi perusahaan, supervisor merupakan jabatan berada di antara manajer seksi dengan staf pelaksana dari seksi tersebut. Seorang supervisor memiliki wewenang, kuasa dan otoritas untuk mengeluarkan perintah kepada rekan kerja sebagai bawahan di bawah arahan atasannya.

Seorang supervisor harus mampu menjembatani komunikasi antara manajer seksi dengan staf pelaksananya untuk menjaga kelangsungan dan kelancaran pekerjaan atau sebuah proyek. Selain itu, supervisor juga diharapkan dapat membantu staf pelaksana dalam menjalankan tugasnya.

Jika ada sebuah permasalahan pada seksi tersebut, seorang supervisor juga diharapkan dapat menyelesaikannya semaksimal mungkin tanpa harus ada bantuan dari atasan (manajer).

Apa Saja Tugas Supervisor dan Tanggung Jawabnya?

Sebelum seseorang mengemban jabatan sebagai seorang supervisor, perusahaan biasanya menetapkan kualifikasi tertentu sebagai syarat untuk merekrut seorang supervisor. Hal itu dikarenakan menjadi seorang supervisor tidak mudah.

Supervisor memiliki tugas dan tanggung jawabnya sendiri terhadap perusahaan. Adapun tugas supervisor beserta dengan tanggung jawabnya di antaranya yaitu:

Mengatur Karyawan (Staf Pelaksana)

Seorang supervisor harus bisa mengatur pekerjaan yang akan dikerjakan dan diselesaikan oleh staf pelaksana atau bawahannya, agar kemudian tercipta suasana kerja yang tertib dan juga disiplin.

Menjelaskan Pekerjaan dan Berkomunikasi dengan Baik

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, seorang supervisor merupakan penghubung antara manajer dengan staf pelaksana. Seorang supervisor harus mampu untuk menjelaskan dan juga berkomunikasi mengenai rencana kerja dengan staf pelaksana.

Penjelasan atau arahan dari manajer mungkin saja tidak dapat dimengerti oleh staf pelaksana, maka dari itu seorang supervisor dibutuhkan.

Memberikan Motivasi kepada Karyawan

Seorang supervisor harus mampu membuat karyawan tidak merasa bosan dengan pekerjaan demi menjaga fokus dan kualitas kerja dari karyawan atau staf pelaksana sehingga hasil pekerjaannya dapat menjadi maksimal.

Dengan menjaga mood staf pelaksana, seorang supervisor sudah cukup membantu dan memotivasi staf pelaksana tersebut untuk melakukan pekerjaannya dengan maksimal, agar mendapatkan hasil yang maksimal pula.

Memberikan Arahan kepada Karyawan (Staf Pelaksana)

Arahan yang terperinci kepada staf pelaksana dapat meminimalisir kesalahpahaman yang dapat berujung kepada kesalahan pekerjaan. Arahan yang rutin dan juga terjadwal dari supervisor juga dapat meningkatkan komunikasi yang baik dan kedekatan dengan staf pelaksana.

Jika komunikasi antara supervisor dan staf pelaksana baik, suasana dan lingkungan kerja juga akan menjadi nyaman dan memancarkan energi positif yang juga dapat berdampak positif kepada pekerjaan.

Melakukan dan Evaluasi Kinerja Karyawan (Staf Pelaksana)

Setelah seorang karyawan atau staf pelaksana selesai mengerjakan suatu pekerjaan, supervisor memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mengontrol dan memberikan evaluasi. Jika kontrol pekerjaan dilakukan dengan baik, eksekusi pekerjaan dapat sesuai dengan rencana.

Evaluasi pekerjaan yang baik juga dapat memperbaiki kinerja pekerjaan di waktu selanjutnya, sehingga kualitas hasil pekerjaan dapat menjadi lebih baik dan berkembang. Untuk melakukan evaluasi, perusahaan biasa menentukan Key Performance Indicator (KPI) yang dapat memudahkan berlangsungnya evaluasi.

Setelah mengetahui tugas supervisor serta tanggung jawab yang diemban olehnya, apakah Anda masih ingin menjadi supervisor? Jika jawabannya iya, diharapkan artikel ini dapat membantu Anda mendapatkan pengetahuan yang dapat diterapkan pada pekerjaan Anda.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen − 7 =